Search

Koridor 13 Menjulang, Agus: Masukan Penyandang Disabilitas Penting

Jakarta - Halte koridor 13 Transjakarta mendapat cibiran dari warga internet (netizen) karena desain yang dianggap nyeleneh dan juga tak ramah bagi kaum disabilitas. Cagub DKI Agus Yudhoyono berkata seharusnya masukan dari kaum disabilitas didengar.

"Kita sadari berbagai fasilitas umum di Jakarta belum semua memenuhi standar aspek aman dan nyaman termasuk bagi teman-teman penyandang disabilitas. Bagi kita saja yang tidak punya hambatan untuk aktifitas itu juga membutuhkan bentuk (desain) aman dan lebih nyaman," ujar Agus usai gerilya lapangan di Kalibata Selatan, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12/2016).

Menurut Agus, fasilitas umum di Jakarta harus ramah bagi penyandang disabilitas. Katanya, itu karena mereka juga punya hak untuk menikmati fasilitas umum di Jakarta.

Halte Transjakarta Ciledug-Tendean Koridor 13Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Halte Transjakarta Ciledug-Tendean Koridor 13

Oleh karenanya, jika terpilih di Pilgub Jakarta, Agus akan lebih memerhatikan masukan dari kaum disabilitas. Apalagi dirinya beberapa waktu lalu telah menemui penyandang disabilitas dan berdialog mendengar aspirasi.

"Iya (memerhatikan masukan disabilitas). Saya beberapa saat lalu sudah membangun komunikasi, berdialog langsung dengan para penyandang disabilitas. Segala aspirasi mereka harus didengarkan dengan baik secara serius termasuk ikut bersama, duduk bersama, dengarkan yang mereka butuhkan," paparnya.

Meski demikian, Agus tak akan melupakan aspek terpenting dalam mendesain sebuah fasilitas umum. Dia tetap akan melibatkan ahli-ahli yang terkait dalam bidangnya.

"Pembahasan ahli yang expert, arsitektur. Konsepnya apa itu beda-beda tapi saya nggak akan bahas di sini. Yang jelas itu komitmen saya," tandasnya.
(GBR/imk)


Koridor 13 Menjulang, Agus: Masukan Penyandang Disabilitas Penting
http://ift.tt/2iPlhOH

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Koridor 13 Menjulang, Agus: Masukan Penyandang Disabilitas Penting"

Post a Comment

Powered by Blogger.