Search

Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai dan Lombok Tetap Beroperasi

Jakarta - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut aktifitas gunung agung mengalami peningkatan di Karangasem, Bali. Namun hal ini tidak berpengaruh pada aktvitas dua bandara, yakni bandara I Gusti Ngurah Rai dan Lombok Praya masih beroperasi normal.

"Berdasarkan hasil pengamatan satelit milik BMKG dan hasil pantauan visual beberapa pilot yang terbang di atas Bali, kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Lombok Praya saat ini belum terkena dampak peningkatan aktifitas Gunung Agung. Bandara masih beroperasi secara normal, aman dan lancar," ucap Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Israwadi, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/11/2017).

Kata Israwadi peningkatan aktifitas ditandai dengan keluarnya asap tebal pada Sabtu (25/11), sekitra pukul 17.30 WITa. Asap ini membumbung tinggi hingga 1.500 meter di atas puncak gunung.

"Peningkatan berupa keluarnya asap tebal ini terjadi pukul 17.30 WITa dengan ketinggian hingga mencapai 1.500 meter di atas puncak gunung," ujarnya.

Terkait aktifitas gunung agung tersebut, PT Angkasa Pura 1 melakukan koordinasi secara intens dengan beberapa instansi yang ada di bandara. Instansi-instansi tersebut seperti BMKG, Airnav Indonesia, Otoritas Bandara Wilayah IV dan para airline lainnya.

"Beberapa langkah antisipasi yang akan dilakukan yaitu berkoordinasi dengan BMKG, Perum LPPNPI, dan pihak maskapai dan menyiapkan pembukaan crisis center di bandara berikut fasilitas penunjangnya, seperti layanan hotline contact center 172, help desk maskapai untuk penumpang, dan media center untuk awak media massa," ucapnya.

Proses pengamatan dilakukan dengan menggunakan 4 metode yaitu dengan menggunakan satelit Himawari milik BMKG, satelit VAAC (Vulcanic Ash Advisory Centre) yang berada di Darwin, laporan visual Pilot dan paper test sekitar bandara. Walaupun dua bandara tersebut memilih untuk tetap beroperasi, namun ada 4 maskapai asing yang membatalkan penerbangannya ke Bali.

(cim/bag)


Baca Kelanjutan Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai dan Lombok Tetap Beroperasi : http://ift.tt/2n2UBwR

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gunung Agung Erupsi, Bandara Ngurah Rai dan Lombok Tetap Beroperasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.