Search

Koridor 13 yang Menjulang Diprotes, Pemprov DKI: Akan Ada Eskalator

Jakarta - Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal mengklarifkasi konsep Koridor 13 Halte TransJakarta yang menjadi viral di media sosial gara-gara menjulang tinggi dan curam. Pihaknya memastikan di kordidor tersebut akan dibangun eskalator.

"Yang jelas kita tidak akan menyusahkan warga. Saya sudah sampaikan di medsos dan di forum diskusi, koridor 13 akan dilengkapi eskalator seperti pada gambar yang warna biru itu ada sepasang. Untuk ketinggian di atas 13 sampai 15 meter kita gunakan dua tangga manual dan tangga biasa yang kita juga lengkapi eskalator," ujar Yusmada saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (31/12/2016).

Baca Juga: Dinilai Tak Ramah Pengguna, Halte TransJ Ciledug-Tendean Dikritisi

Yusmada mengatakan eskalator tersebut untuk memberikan kemudahan kepada pengguna TransJ di koridor 13 naik ke atas halte. Sepasang eskalator tersebut dapat menjadi pilihan pengguna TransJ.

"Tapi tetap tangga dibutuhkan, kalau ada hal darurat. Ini menjadi pilihan warga, kalau volume besar bisa pakai eskalator," imbuhnya.

Desain eskalator di koridor 13 TransJakartaFoto: Dok. Pemprov DKI Jakarta
Desain eskalator di koridor 13 TransJakarta

Yusmada mengatakan pemasangan eskalator sendiri disesuaikan terhadap ketinggian halte. Sebab tidak semua halte dapat dilengkapi dengan eskalator.

"Minimal yang di simpang Sisingamaraja-Trunojoyo karena dia melayang di atas MRT. Kalau di Cipulir di atas metro Cipulir itu. Nah nanti dari arah gedung Cipulir kita bikin eskalator menuju tengah JPUnya masuk ke halte yang di tengah-tengah," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Soal Halte Koridor 13, TransJ: Bukan Kami yang Desain

Sebelumnya Halte Transjakarta Koridor 13 Ciledug-Tendean dinilai tak ramah pengguna. Letak halte yang terlalu tinggi dan tangga yang terlalu curam dinilai jadi titik masalahnya.

Halte tersebut terletak di Jalan Trunojoyo tepatnya di perempatan depan kantor Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan. Saat ini halte tersebut telah selesai dibangun dan akan segera digunakan.

Terlihat lampu penerangan sudah terpasang. Ada pula pos pengamanan yang ada di bawah halte namun baru setengah jadi.

detikcom pada Kamis (29/12/2016) sore sempat mencoba naik ke halte yang bisa diakses dari dua sisi Jalan Trunojoyo itu. Tangganya terlalu curam dan bisa menyulitkan terutama para lanjut usia.

Untuk mencapai halte, ada 3 tingkat anak tangga. Hal ini pula yang membuat halte tak sepanjang halte Benhil-Semanggi yang dikenal sebagai halte Transjakarta paling panjang.

Curamnya anak tangga terutama terasa ketika turun. Jika cuaca hujan dikhawatirkan permukaan tangga yang terbuat dari besi menjadi licin dan membahayakan pengguna
(edo/imk)


Koridor 13 yang Menjulang Diprotes, Pemprov DKI: Akan Ada Eskalator
http://ift.tt/2hCkVcx

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Koridor 13 yang Menjulang Diprotes, Pemprov DKI: Akan Ada Eskalator"

Post a Comment

Powered by Blogger.