Search

Pesta Adat Kahiyang-Bobby Hari ini: Potong Kerbau hingga Sidang Adat

Jakarta - Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu Siregar dan suaminya Bobby Nasution hari ini akan menjalani rangkaian pesta pernikahan adat Mandailing. Apa saja?

Pesta adat akan berlangsung di kediaman keluarga Bobby, Perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). Acara akan dimulai pagi-pagi dengan pemotongan kerbau atau Manalpokkon Lahanan.

Ketua panitia pernikahan Kahiyang-Bobby Harry Lontung Siregar mengatakan pemotongan kerbau sebagai simbol kebesaran adat, khususnya Batak Mandailing. Kepala kerbau akan dipasang di depan rumah Bobby.

Acara berikutnya adalah Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan. Gordang Sambilan adalah alat musik khas Mandailing untuk mengiringi saat menari tortor. Upacara manyantan Gondang dan Gordang Sambilan ini berbarengan dengan mendirikan bendera-bendera adat sebagai pertanda horja atau pesta besar.

Rangkaian acara hari ini dilanjutkan Manggalangang (Manortor). Kemudian dilanjutkan Mangalo-alo Mora atau menyambut kedatangan Mora, yaitu sang pemberi anak gadis.

Dekorasi Kahiyang Ayu Bobby Nasution di MedanDekorasi Kahiyang Ayu Bobby Nasution di Medan (Foto: Dok. Daniel Ngantung/Wolipop)

Hari ini pula ada sidang adat yang dihadiri raja-raja dari Sumatera Utara. Sidang adat ini juga akan membahas rencana pemberian gelar untuk kedua mempelai.

"Kalau raja adat setuju, kita berikan gelar adat pada Bobby dan Kahiyang," ujar Raja Panusunan pernikahan Kahiyang-Bobby, Pandapotan Nasution saat jumpa pers di Media Centre, Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/11) malam.

Raja-raja yang hadir akan mengikuti sidang adat atau Maralok Alok hingga Manortor sesi kedua. Acara akan berjalan semalam suntuk dari Jumat malam hingga Sabtu (25/11) pagi.

(imk/rvk)


Baca Kelanjutan Pesta Adat Kahiyang-Bobby Hari ini: Potong Kerbau hingga Sidang Adat : http://ift.tt/2iKIDUe

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pesta Adat Kahiyang-Bobby Hari ini: Potong Kerbau hingga Sidang Adat"

Post a Comment

Powered by Blogger.