Search

Berkeliling di Rumah Baru Kuda Chester yang Dulu Dicambuki

Depok - Chester, kuda delman yang dulu dicambuk meski terkapar kelelahan, saat ini menjalani perawatan di rumah barunya yang luas. Rumah baru Chester itu adalah Arthayasa Stables.

detikcom mendatangi Arthayasa Stable yang terletak di Jalan Bulak Tengki, Limo, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/9/2017) untuk menengok Chester. Saat masuk ke kawasan tersebut, tampak beberapa kuda sedang merumput di tempat khusus yang telah disediakan.


Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Ada pula sejumlah grom (pengawas kuda) sudah menyediakan makanan seperti rumput kering untuk tambahan makanannya.

Kawasan Arthayasa Stable sendiri terbagi dua bagian, sebelah barat dan timur. Di sebelah barat, ada kandang tempat Arthayasa Stable digunakan sebagai latihan berkuda bagi kalangan profesional dan atlet.

Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Sementara itu di sebelah timur ada lapangan kusus yang digunakan untuk para pelajar yang mengikuti sekolah berkuda, kandang, dan ruang karantina. Chester ditempatkan di tempat karantina, tepatnya di sebelah timur di paling belakang dekat dengan klinik hewan.

Chester menghuni kandang berukuran 4x4 meter dengan alas serbuk gergaji. Lokasi karantina itu dilengkapi dengan halaman tempat Chester merumput.

Kandang kuda Chester / Kandang kuda Chester / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Ini merupakan kali pertama Arthayasa Stables menerima kuda yang dulunya penarik delman seperti Chester. Biasanya, Arthayasa Stables digunakan untuk latihan berkuda.

"Kita membantu JAAN yang menemukan, prinsipnya kami ingin terapkan animal welfare yaitu bebas rasa haus dan lapar, bebas dari ketidaknyamanan, bebas penyakit, bebas ekspresikan perilaku normal dia. Jadi jangan sampai salah paham kami mengambil mata pencaharian orang lain," kata drh Rizqi Putratama yang merawat Chester.

Rumah baru kuda Chester / Rumah baru kuda Chester / Foto: Akhmad Mustaqim/detikcom

Saat ini, Chester mendapatkan perawatan karena ada luka di kaki dan punggung. Dia dipakaikan krim dan baby oil untuk mempercepat penyembuhan luka-lukanya.

Mental Chester juga dipulihkan. Kuda ini sebelumnya viral karena terus dicambuki meski sudah terkapar kelelahan. Para dokter hewan kini fokus untuk mengembalikan keseharian Chester sebagai kuda poni biasa.

(imk/fjp)


Baca Kelanjutan Berkeliling di Rumah Baru Kuda Chester yang Dulu Dicambuki : http://ift.tt/2w4IXFQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berkeliling di Rumah Baru Kuda Chester yang Dulu Dicambuki"

Post a Comment

Powered by Blogger.