Search

Kisah Pelesiran yang Bikin Romi Herton Dibawa ke Gunung Sindur

Jakarta - Mantan Wali Kota Palembang, Romi Herton, meninggal dunia di Rumah Sakit Hermina, Serpong. Romi berstatus terpidana kasus korupsi dan saat ini menghuni sel di Lapas Gunung Sindur.

Romi merupakan satu dari banyak kepala daerah yang dijerat KPK. Dia dan istrinya, Masyito, berurusan dengan KPK terkait dengan skandal Akil Mochtar pada 2013.


Di pengadilan tingkat pertama, Romi dihukum 6 tahun penjara dan Masyito 4 tahun penjara. Romi dan istrinya terbukti secara bersama-sama memberikan uang Rp14,145 miliar dan 316.700 dolar AS kepada Akil Mochtar untuk mempengaruhi putusan perkara permohonan keberatan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) kota Palembang yang sedang ditangani oleh Akil.

Namun, Romi mencoba mencari jalan keluar lainnya. Dia pun mengajukan banding tetapi hukumannya malah diperberat yaitu Romi dihukum 7 tahun penjara, sedangkan Masyito 5 tahun penjara. Keduanya pun tak mengajukan kasasi sehingga putusannya berkekuatan hukum tetap.

Seperti biasa, KPK pun mengeksekusi Romi ke Lapas Sukamiskin di Bandung pada Juli 2015. Namun rupanya di dalam lapas, Romi tak betah.


Pelesiran Romi pun terungkap pada Februari 2017. Dia pun dipindahkan dari Lapas Sukamiskiin ke Lapas Gunung Sindur di Bogor.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jawa Barat Molyanto mengatakan, berdasarkan hasil investigasi Tim 7 bentukan Inspektorat Jenderal Kemenkum HAM, Romi diketahui keluar dari Lapas Sukamiskin 2 kali pada tanggal 28-29 November 2016 dan 15 Desember 2016.

Pada izin pertama, Romi menjenguk anaknya yang sakit di Palembang, sementara pada izin kedua Romi melakukan pemeriksaan medis di RS Hermina, Bandung. Kedua izin tersebut sudah sesuai dengan prosedur yang benar.

"Hanya saja, saat berada di luar, dia melakukan pelanggaran. Seharusnya, saat di Palembang, ia menginap di lapas setempat, tapi tidak. Sedangkan pada saat di RS Hermina, dia tidak langsung pulang, malah ke rumah kontrakan di Antapani," ungkap Molyanto, Kamis, 9 Februari 2017.


Akhirnya Romi pun dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, menyusul Anggoro Widjojo yang lebih dulu dipindahkan. Dia dipindahkan karena melakukan indisipliner serupa dengan dengan Romi Herton.

Namun kabar duka terdengar pagi ini, Romi meninggal dunia dini hari tadi di RS Hermina Serpong. Penyebab dari meninggalnya Romi diduga karena serangan jantung yang dialaminya saat berada dalam Lapas Gunung Sindur, Bogor.

"Betul meninggal dunia, penyebabnya serangan jantung. Dibawa ke Rumah Sakit Hermina Serpong, diambil penindakan, meninggalnya di Rumah Sakit Hermina," kata Kalapas Gunung Sindur, Mujiarto, saat dihubungi detikcom, Kamis (28/9/2017).
(dhn/jbr)


Baca Kelanjutan Kisah Pelesiran yang Bikin Romi Herton Dibawa ke Gunung Sindur : http://ift.tt/2wkTAAz

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Pelesiran yang Bikin Romi Herton Dibawa ke Gunung Sindur"

Post a Comment

Powered by Blogger.